HUT Ke-20 Tagana, Mensos Risma Apresiasi Tagana Sebagai Pahlawan Kemanusiaan

HUT Ke-20 Tagana,  Mensos Risma Apresiasi Tagana Sebagai Pahlawan Kemanusiaan
Penulis :
Dian Catur
Penerjemah :
Laili Hariroh

ACEH UTARA (29 Mei 2024) - Menteri Sosial Tri Rismaharini menghadiri upacara Santi Aji dalam rangka memperingati HUT Ke-20 Taruna Siaga Bencana (Tagana). Seremoni tersebut dilangsungkan di lapangan kantor Bupati Aceh Utara, Keutapang, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh utara pada Selasa malam (28/5). Sebanyak 696 personil Tagana dari seluruh penjuru Indonesia hadir mengikuti upacara peringatan tersebut. 

Peringatan HUT ke-20 Tagana berlangsung khidmat namun meriah. Tagana dari berbagai wilayah menunjukkan kepiawaian mereka menarikan tarian khas Aceh, tari saman. Ada pula yang membacakan puisi. Pada kesempatan tersebut, Mensos Risma membalas dengan membacakan puisi hasil karyanya sendiri sebagai bentuk apresiasi atas ketulusan Tagana mengabdi untuk bangsa. Mensos Risma pun memberikan suntikan semangat kepada para Tagana agar pantang menyerah. 

"Terus berjuang karena kalian adalah pahlawan kemanusian. Pegang itu terus di dalam dada, maka kalian tidak akan pernah menyerah," pesan Mensos Risma kepada Tagana yang hadir. Lebih lanjut Mensos menyebutkan bahwa Tagana merupakan contoh bagi semua, khususnya bagi Mensos Risma, untuk ketulusan dan keikhlasan Tagana dalam melayani masyarakat dalam kondisi apa pun. 

Menyambut usianya yang ke 20 tahun, berbagai kegiatan dilakukan Tagana di Kabupaten Aceh Utara seperti membangun 27 Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi para lansia. Selain itu, Tagana juga memberikan penyuluhan mengenai bencana alam dan bencana sosial di 20 sekolah. Lanjut Usia Taruna Siaga Bencana (lansiagana) bersama 50 orang siswa juga akan melakukan simulasi bencana di halaman Kantor Bupati Kabupaten Aceh Utara pada Rabu (29/5).

Ketua Tagana Provinsi Aceh Rizal Dinata menyebutkan sejak 15 Mei 2024, sebanyak 270 personil Tagana dikerahkan untuk membantu pembangunan RST di 27 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Sedangkan personil lain dibagi untuk penghijauan, partisipasi dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 dan juga Tagana Masuk Sekolah. "Alhamdulilah kami berkontribusi dalam pembangunan 27 RST. Alhamdulillah juga bisa melakukan penghijauan dan menyelenggarakan kegiatan Tagana masuk sekolah," ungkap Rizal. 

Dalam menyambut HUT Ke-20 Tagana, Kemensos juga memfasilitasi dibentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) serentak di tiga lokasi di Kabupaten Aceh Utara, yaitu Kecamatan Matangkuli, Kecamatan Banda Baro dan Kecamatan Sawang yang diikuti sebanyak 275 orang. Untuk memperkuat kesiapan terhadap bencana, dibangun pula lumbung sosial di enam lokasi yaitu Kecamatan Lhoksukon, dua lumbung sosial di Kecamatan Cot Girek, Kecamatan Langkahan, Kecamatan Piraktimu dan Kecamatan Matakuli. Masing-masing lumbung sosial berisi keperluan logistik mendasar untuk menghadapi bencana seperti makanan dan lauk pauk siap saji, makanan anak, kasur, selimut, kidsware, family kit, sandang dewasa, sandang anak, tenda gulung, peralatan dapur keluarga dan velbed.
Bagikan :