Puncak HLUN 2024, Mensos Risma Sediakan Layanan Lengkap

Puncak HLUN 2024, Mensos Risma Sediakan Layanan Lengkap
Penulis :
Rizka Surya Ananda
Penerjemah :
Laili Hariroh

ACEH UTARA (29 Mei 2024) – Dalam rangka memperingati puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke- 28 yang berlangsung di Lapangan Simpang Landing, Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, berbagai layanan dan kegiatan disiapkan untuk memberikan manfaat maksimal bagi para lansia. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 1.300 lansia dari berbagai kecamatan di Aceh Utara dan Kemensos memberikan berbagai bantuan untuk lansia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan dipilihkan Aceh Utara menjadi tuan rumah HLUN 2024 karena memiliki jumlah lansia lebih dari 50.000 orang. Oleh karena itu, Kementerian Sosial memberikan layanan lengkap sejak awal Mei lalu. "Kemensos memberikan pelayanan lengkap. Mulai dari layanan kesehatan, menyelesaikan masalah kependudukan hingga perbaikan rumah  untuk lansia," ujar Mensos Risma saat menghadiri HLUN, Rabu, (29/5). 

Pada acara ini, sebanyak 854 lansia mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan dari dokter spesialis  telinga hidung tenggorok (THT),  dokter spesialis penyakit dalam,  dokter spesialis saraf, dokter spesialis orthopedi, hingga  layanan fsioterapi. Untuk memudahkan para lansia, layanan apotik  juga disediakan di lokasi tersebut sehingga lansia bisa langsung menebus obat tanpa dipungut biaya. 

Salah seorang peserta, Alamsyah Amin (67), asal Desa Dayah, Lhoksukon, mengatakan sangat senang mendapat layanan pemeriksaan dan pengobatan THT gratis  dari Kementerian Sosial. Pelayanannya juga ramah dan bagus. “Saya sangat senang, apalagi bisa bertemu Ibu Risma yang jauh-jauh datang dari Jakarta ke Lhoksukon,” ujarnya sambal tersenyum gembira.

Selain itu, sebanyak 200 lansia berpartisipasi dalam senam Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran mereka. Tidak hanya itu, sebanyak 176 lansia juga mengikuti sidang isbat nikah terpadu yang diselenggarakan oleh Mahkamah Syariah, KUA Kemenag, serta Dinas Kependudukan Catatan Sipil ( Dukcapil) Aceh Utara. Kegiatan donor darah juga menjadi bagian dari rangkaian acara ini, dengan partisipasi 200 relawan dari unsur Tagana dan masyarakat umum yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di Aceh Utara. 

Rangkaian HLUN 2024 di Aceh Utara sudah mulai dilaksanakan pada 10 Mei 2024. Tidak hanya dirayakan di venue utama di lapangan Kantor Bupati Aceh Utara, HLUN juga dirayakan bersama lansia di 26 kecamatan di Aceh Utara dan 10 titik lainnya di berbagai penjuru Indonesia bagian timur seperti Papua, Sulawesi, NTB, NTT, Maluku, dan daerah lainnya.
Bagikan :